Tips Memilih dan Membeli Gitar Baru

Memilih dan Membeli Gitar Baru | Les Gitar Surabaya | Kursus Gitar Surabaya | Tirando Music Education Ahlinya. WA : 085604457595

tips memilih dan membeli gitar baru
Tirando Music Education. Kursus Gitar dan Les Gitar Surabaya
WA : 0856-0445-7595

Membeli gitar baru tentu merupakan sesuatu yang sangat ditunggu, diharapkan dan merupakan kegiatan yang sangat mengasyikan. Setelah sekian lama menabung, mengharapkan dan ingin membeli gitar, tentu memiliki gitar baru bagaikan salah satu mimpi kecil yang bisa terwujud. Bagi anda yang masih pemula atau masih awam dengan seluk beluk gitar, tentu cukup membingungkan jika akan membeli gitar baru, hal ini terutama munculnya rasa khawatir dan kurang percaya diri dengan kemampuan memilih gitar yang akan dibeli. Faktanya, cukup banyak gitaris pemula yang baru awal belajar gitar salah pilih gitar, baik dari segi tujuan penggunaan hingga yang cukup susah yaitu cara memilih gitar baru yang memiliki tingkat presisi yang bagus dalam berbagai aspek anatomi gitar tersebut. Kejelian akan memilih dan membeli gitar baru ini merupakan hal yang amat sangat penting,  jika kita sampai salah pilih, maka tujuan belajar gitar kita akan terhambat dikarenakan gitar yang kita beli ternyata tidak sesuai dan malah akan membuang uang kita untuk membeli gitar yang tidak sesuai tadi. Lalu, bagaimanakah tips membeli dan memilih gitar sehingga sesuai dengan yang kita harapkan?? simak penjelasanya dibawah ini.
  1. Sesuaikan Dengan Tujuan Pembelian Gitar.
    Hal ini sangat diperlukan untuk memilih gitar seperti apa yang mau kita beli, contohnya, jika kita ingin membeli gitar dengan tujuan untuk belajar petikan gitar, maka pilihan terbaik adalah kita bisa membeli gitar klasik senar nylon. Hal ini karena gitar klasik senar nylon memang di design untuk pola permainan petikan. Design tersebut terlihat dari ukuran detail lebar dan tinggi fingerboard pada masing-masing fret serta jarak senar yang lebih memudahkan untuk bermain teknik petikan. Sound yang dikeluarkan juga lebih smooth jika dibandingkan bermain petikan di gitar akustik senar steel. Jika tujuaan kita beli gitar karena untuk bermain teknik strumming/genjrengan maka kita bisa membeli gitar akustik senar steel. Jika kita ingin belajar bermain melodi, maka sudah seharusnya kita membeli gitar elektrik yang sesuai dengan karakter permainan melodi atau genre musik yang akan kita mainkan dan masih banyak lagi.
  2. Sesuaikan Dengan Budget atau Anggaran Dana.
    Tentu saja jika kita sudah berada di toko gitar atau toko musik besar, kita akan banyak dihadapkan dengan banyaknya pilihan gitar baru yang sangat menarik untuk dibeli. Menentukan budget maksimal atau anggaran dana maksimal cukup penting dilakukan agar tujuan pembelian gitar kita tidak terlalu mahal dari kebutuhan belajar gitar yang dibutuhkan atau sebaliknya, yaitu tidak terlalu murah padahal kita bisa membeli yang harga lebih tinggi. Harga gitar tentu berpengaruh terhadap kualitas grade katu gitar yang digunakan. Selain material yang digunakan, merk juga ssangat mempengaruhi harga. Jika budged kita dibawah Rp 750.000,- biasanya kita akan dapat gitar handmade buatan lokal, baik yang menggunakan design dan brand sendiri maupun meniru dari buatan pabrik dan merk-merk besar alias KW. Jika budget kita diatas Rp. 750.000,- maka kita sudah bisa membeli gitar buatan pabrik dengan merk yang terkenal. Sebenarnya tidak ada yang salah jika kita membeli gitar buatan lokal dibawah harga Rp. 700.000,- , namun harus lebih jeli dan dituntut memiliki ketelitian lebih serta pengalaman dalam memilih gitar tersebut.
  3. Memilih Kepresisian Gitar yang Akan Dibeli
    Poin terakhir ini merupakan poin terpenting selama kita akan memilih gitar untuk dibeli. Kepresisian yang perlu dicermati yaitu dari kondisi neck gitar, apakah masih bagus atau mengalami bengkok neck. Cara mengecek apakah neck bengkok atau tidak bisa dicoba dengan beberapa cara termudah diantaranya yaitu dengan menekan senar 6 di bagian fret 1 dan setelah fret terakhir paling ujung (berdekatan dengan sound hole). Jika senar dan permukaan fingerboard tersebut lurus dan senar tidak ada yang menyentuh fret langsung, hal ini berarti kondisi neck masih bagus dan layak untuk anda beli. Cara selanjutnya yaitu dengan cara membunyikan semua fret yang ada di semua senar. Jika kondisi neck masih bagus, di semua posisi fret dan semua senar maka nada yang dihasilkan akan jernih dan tidak ada nada yang tidak berbunyi atau istilah lain yang biasa digunakan masyarakat umum yaitu "ngefret".  Cara selanjutnya yaitu dengan cek seluruh kondisi body gitar. Gitar baru sudah seharusnya tidak ada cacat di body apalagi pecah di bagian body. Jangan lupa juga cek kondisi tuning pegs atau tuning machine dengan cara memutar ke 2 arah yang berlawanan untuk memastikan semua bagian masih normal.
     
    Dari tiga point diatas, sudah bisa digunakan untuk pedoman membeli gitar bagi pemula atau orang awam, sehingga uang yang kita keluarkan tidak percuma dan bisa mendapatkan gitar sesuai dengan harapan. Tentu setelah beli gitar, agar bisa memainkan gitar dengan lebih bagus sangat perlu guru belajar gitar untuk membantu kelancaran permainan gitar anda, bagi anda yang berada di daerah Surabaya dan membutuhkan jasa les gitar Surabaya dan kursus gitar Surabaya, Tirando Music Education merupakan solusi terbaik bagi kebutuhan belajar musik anda. Dengan pengajar yang dijamin profesional (kuliah jurusan musik) maka bisa dipastikan anda dan keluarga akan lebih cepat dalam mempelajari gitar. Segera hubungi Tirando Music Education di nomor WA 0856-0445-7595 atau datang langsung ke alamat Dharmahusada Indah Utara XIV Blok-U No.427 Surabaya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Manfaat Les Gitar melalui Privat

Les Gitar Surabaya Yang Berkualitas

Harga / Biaya Les Gitar di Surabaya