Cara Bermain Petikan Gitar

Cara Bermain Petikan Gitar | Les Gitar Surabaya | Kursus Gitar Surabaya | Privat Gitar Surabaya | Tirando Guitar School Ahlinya. CP: 085604457595 (WA)

Cara bermain petikan gitar - Les Gitar Surabaya - Kursus Gitar
Cara Bermain Petikan Gitar - Les Gitar Surabaya

 
Teknik bermain petikan gitar tentu merupakan suatu teknik permainan yang sangat menarik untuk dipelajari. Teknik petikan gitar ini dianggap menarik oleh kebanyakan orang karena secara tampilan terlihat lebih keren dan tentu saja dari segi suara yang dihasilkan memiliki perbedaan jika dibandingkan dengan teknik struming atau genjrengan gitar. Suara yang dihasilkan oleh teknik petikan ini cenderung sangat variatif dengan pola petikan yang sangat tidak terbatas dan sangat luas, leluasa untuk dikembangkan sesuai keinginan dan kebutuhan lagu.
 
Banyak rumor yang beredar di masyarakat bahwa bermain petikan gitar lebih susah dari pada bermain struming atau genjrengan. Padahal rumor ini tidak sepenuhnya benar. Asalkan kita mengetahui sedikit teori maka niscaya anggapan teknik petikan yang dianggap sulit ini bisa terbantahkan. Rumor yang beredar juga karena minimnya edukasi yang berkualitas di masyarakat terkait teknik permainan gitar petikan sehingga membuat teknik petikan ini seolah-olah menjadi teknik yang susah dan memerlukan level penguasaan yang tinggi.

Cara bermain petikan gitar paling basic bisa di rangkum kedalam beberapa nomor berurutan dibawah ini, yaitu:
1. Posisikan tangan kanan secara berturut-turut dengan posisi jari jempol nempel atau berada pada senar 6 (senar bass paling atas), jari telunjuk berada di senar 3, jari tengah berada di senar 2 dan jari manis berada di senar 1 (senar paling bawah dan ukuranya paling kecil)
2. Petik/bunyikan senar yang telah kita tempelkan jari kita tadi (point 1) secara berurutan satu persatu, bukan secara berurutan. Latih petikan secara berulang-ulang dengan tempo pelan, mulai dari jari jempol sampai jari manis berulang-ulang hingga bunyi terdengar lancar dan suara yang dihasilkan jernih tidak ada suara yang kotor.
3. Setelah poin 2 bisa dipraktekan dengan lancar dan bunyi yang bagus, langkah selnjutnya adalah lakukan gerakan petikan jari secara terbalik urutanya. Yang dimaksud terbalik disini yaitu dimulai dari jari manis di senar 1, berikutnya jari tengah senar 2 dan begitu seterusnya sampai jari jempol. Lakukan poin 3 ini berulang-ulang hingga lancar dan berbunyi bersih.
4. Setelah poin 3 bisa di praktekan dengan lancar dan bunyi yang bagus, langkah selanjutnya yaitu menggabungkan antara poin 2 dan poin 3 sehingga menyerupai pola petikan turun dan naik secara terus menerus hingga lancar.

Latih dan lakukan seluruh poin diatas mulai tempo pelan dulu dan dilakukan secara konsisten dan berulang-ulang untuk hasil maksimal. Petikan diatas adalah petikan paling basic yang bisa dilatih untuk tahap pengenalan dulu. Untuk teknik gitar petikan yang lebih tinggi hingga ke tahap fingerstyle silahkan datang ke tempat kami Tirando Guitar School di Dharmahusada Indah Utara XIV Blok-U No.427 Surabaya. Kami menyediakan jasa les gitar berkualitas dengan harga dan buku pedoman belajar gitar exclusive. Pengajar kami merupakan praktisi dan akademisi gitar profesional yang secara kemampuan sudah tidak diragukan lagi. Info lebih lanjut, hubungi 0856-0445-7595.

INGIN LEBIH LANJUT MEMPELAJARI TEKNIK PETIKAN GITAR??
Baca Juga Artikel di Bawah Ini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Manfaat Les Gitar melalui Privat

Les Gitar Surabaya Yang Berkualitas

Harga / Biaya Les Gitar di Surabaya