5 Tips Membersihkan Fingerboard Gitar

5 Tips Membersihkan Fingerboard | Jasa Les Gitar Surabaya | Kursus Gitar Surabaya | Privat Gitar Surabaya | Tirando Music Education Ahlinya. Phone : 085604457595 (WA)

tips membersihkan fingerboard les gitar surabaya
bagian-bagian gitar akustik termasuk didalamnya terdapat fingerboard

Fingerboard merupakan salah satu bagian gitar yang paling sering kotor dan sangat perlu untuk dibersihkan. Endapan kotoran di fingerboard tentu sangat mengganggu keindahan gitar itu sendiri karena endapan ini sangat terlihat mencolok dan berkesan jorok serta seringkali menempel cukup tebal di fingerboard dengan warna hitam kehijauan. Endapan kotoran ini terjadi karena fingerboard merupakan bagian gitar yang langsung kontak dengan jari kiri, sehingga jika jari kotor saat bermain gitar apalagi jari yang sering berkeringat saat bermain gitar sangat memicu cepatnya endapan kotoran di bagian fingerboard gitar.

Cukup susah untuk membersihkan endapan kotoran di fingerboard ini karena kotoran yang mengendap biasanya bersifat lengket. Jika kita tidak tahu bagaimana cara membersihkan dengan benar maka sudah pasti hasilnya tidak akan maksimal, atau bisa juga malah akan merusak dan mengurangi ketebalan fingerboard itu sendiri jika membersihkan secara asal-asalan seperti menggunakan besi pengerok kotoran misalnya. Jadi jika salah membersihkan, bukanya gitar kesayangan anda menjadi bersih, bisa-bisa malah akan merusak fingerboard gitar anda. Bagaimana cara atau tips membersihkan fingerboard gitar dengan aman dan dijamin bersih?? berikut Tirando Music Education akan membagikan 5 tips membersihkan fingerboard gitar.
  
1. Copot Senar Gitar Dengan Benar
Biasanya pembersihan fingerboard gitar dilakukan pada saat bersamaan dengan ganti senar gitar. Pencopotan senar gitar harus dilakukan secara hati-hati karena jika mencopot secara asal-asalan apalagi jika pencopotan senar menggunakan alat bantu yang tajam seperti gunting atau sejenisnya. Kami sarankan untuk melepas senar gitar jangan memakai alat yang tajam untuk menghindari resiko benda tajam tersebut mengenai fingerboard dan fingerboard malah bermasalah lebih parah. Cara mencopot senar gitar diawali dari bagian head gitar yaitu memutar tuning pegs sehingga senar menjadi benar-benar kendor dan bisa dilepas secara manual.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Manfaat Les Gitar melalui Privat

Les Gitar Surabaya Yang Berkualitas

Harga / Biaya Les Gitar di Surabaya