METODE PEMBELAJARAN GITAR UNTUK ANAK-ANAK

Les Gitar Surabaya Kursus Gitar Surabaya Berkualitas, kami Tirando Guitar School Ahlinya. Hubungi Admin kami : 085604457595
“Tirando Guitar School Adalah Solusi Kecerdasan Musical Buah Hati Anda”

Les Gitar Untuk Anak di Surabaya
Pembelajaran Gitar Untuk Anak-Anak di Surabaya

Dunia Pendidikan selalu mengalami perkembangan yang signifikan dari waktu ke waktu. Perkembangan-perkembangan metode pembelajaran dari tahun ke tahun selalu menawarkan inovasi dan juga lebih menuntut guru sebagai tenaga pendidik untuk terus mengembangkan kreatifitas dan kreasi secara maksimal sehingga hasil capaian target pembelajaran dapat terpenuhi dengan baik sesuai dengan tuntutan kurikulum yang berlaku. Sayangnya, dewasa ini banyak sekali tenaga pengajar yang seolah hanya bertugas sebagai “Pengajar” yang hanya mengajarkan atau transfer ilmu tanpa inovasi. Dari kurangnya inovasi inilah yang menyebabkan kualitas pembelajaran dapat dipastikan akan menurun. Hal tersebut terjadi karena munculnya rasa bosan yang dirasakan oleh peserta didik atau siswa sehingga menyebabkan menurunya mood atau antusiasme dalam belajar, lemahnya konsentrasi belajar dan lebih parah lagi dapat menyebabkan siswa enggan untuk mengikuti pelajaran dan lebih memilih bolos sekolah. Semua masalah diatas dapat dimungkinkan karena permasalahan awal terjadi pada lemahnya daya inovasi, kreasi pada metode pembelajaran yang tidak diterapkan oleh guru.
Pentingnya sebuah inovasi dalam metode pembelajaran tentu sangat di butuhkan oleh semua guru guna menarik perhatian siswa dan menyalakan semangat belajar siswa, baik guru atau tenaga pengajar formal yang mengajar di instansi-instansi sekolahan  ataupun tenaga pengajar non-formal yang banyak mengajar di bimbingan belajar, kursus, les dan lainya. Suatu metode pembelajaran yang tepat juga sangat dibutuhkan oleh pengajar music, termasuk didalamnya adalah pengajar gitar. Metode pengajaran gitar yang tepat dapat menimbulkan siswa menjadi antusias dalam berlatih, semangat saat proses pembelajaran, tidak cepat bosan dan yang pasti dapat dipastikan hasil belajar secara jangka panjangpun sudah tentu akan bagus, karena siswa memiliki semangat untuk berlatih dan mempelajari materi gitar yang diajarkan oleh guru. Salah satu syarat metode pengajaran atau metode pembelajaran yang baik adalah bisa menyesuaikan dengan usia siswa atau peserta didik.
Pentingnya penyesuaian metode pembelajaran berdasarkan usia siswa tentu sangat diperlukan, mengingat setiap manusia memiliki fase perkembangan berdasarkan usia yang berjenjang. Mulai dari usia Bayi hingga usia lanjut.  Problem berikutnya yang dihadapi para pengajar gitar non-formal adalah fakta bahwa siswa terdiri dari berbagai fase usia, sehingga metode pembelajaran gitar sesuai usia yang pas sangat diperlukan disini. Dari sekian banyak siswa gitar yang belajar di Tirando Guitar School, jika ditinjau dari ilmu psikologi perkembangan, siswa terbanyak adalah siswa dengan tahap usia anak-anak tingkat sekolah dasar dan remaja (SMP sampai SMA). Guru yang menangani siswa dengan tahapan usia anak-anak tentu memiliki inovasi metode pengajaran yang berbeda dengan siswa remaja.
Menurut teori perkembangan psikososial Erikson,  anak usia SD atau Usia 6 - 11 tahun, yaitu industry versus inferiority, bila anak dianggap sebagai "anak kecil" baik oleh orang tua, pendidik maupun lingkungannya, maka akan berkembang rasa rendah diri, dampaknya anak kurang suka melakukan tugas-tugas yang bersifat intelektual dan kurang percaya diri. Teori lainnya yang berkaitan dengan perkembangan kognitif, yaitu Piaget menyebutkan bahwa Tahap operasional kongkrit. Pada tahap ini anak memahami dan berpikir yang bersifat kongkret belum abstrak. Tahap operasional formal. Pada tahap ini anak mampu berpikir abstrak.
Berkaitan dengan anak-anak, beberapa anak ditemukan memiliki kerentanan untuk menghadapi perubahan atau tekanan yang mereka hadapi.Akan tetapi, tidak jarang pula, orang tua atau pendidik mengeluhkan anak-anak memerlukan penyesuaian diri yang lama terhadap situasi baru, atau anak yang trauma dengan pengalaman negatif, seperti kehilangan sahabat, pindah rumah, nyaris tenggelam di kolam renang, atau menjadi korban bencana alam seperti gempa.
Berkaitan dengan teori diatas, kami team pengajar Tirando Guitar School dalam menerapkan metode belajar gitar untuk anak-anak menyadari bahwa usia anak-anak masih memiliki rasa ingin bermain yang kuat, memiliki daya imajinati yang tinggi, belum berfikir abstrak dan suka jika diberikan kepercayaan. Maka untuk siswa usia anak anak kami mengedepankan prinsip “Let’s Fun With Guitar” atau dengan kata lain mengajak siswa anak-anak untuk menyenangi gitar terlebih dahulu, menganggap belajar gitar sebagai suatu bentuk permainan yang mengasyikan,menghibur dan menciptakan suasana belajar gitar sambil bermain antara guru dan murid, sehingga siswa anak anak menjadi suka dan Happy dengan pembelajaran gitar. Metode pembelajaran lain yang dilakukan oleh Tirando Guitar School yaitu metode imajinasi. Dimana metode ini berdasarkan sifat alamiah anak-anak yang lebih suka hal imajinatif. Dalam pembelajaran gitar klasik bisa diaplikasikan menggunakan not berwarna warni, gambar yang disukai pada partitur, pengenalan ritmis dengan tepukan tangan, pengenalan tanda dinamika dengan imajinasi derap langkah, pemberian reward atau hadiah yang menarik jika siswa berhasil menyelesaikan tugas dengan baik. Dari semua metode pembelajaran yang kami lakukan untuk seluruh siswa usia anak-anak di Tirando Guitar School terbukti anak-anak lebih bersemangat dalam belajar gitar, menunjukan hasil positif, percaya diri dan memiliki kemampuan Non Akademis di bidang music khususnya gitar yang tidak dimiliki oleh semua anak seusianya. Tentu setiap orang tua menginginkan metode pembelajaran gitar untuk anak-anak yang tepat, lalu tidakkah anda ingin putra / puti anda menjadi cerdas dan kreatif? temukan Hanya pada les gitar kami les gitar Surabaya kursus gitar Surabaya ya di kami Tirando Guitar School. Solusi kecerdasan musical buah hati anda.
Untuk Pendaftaran Hubungi Admin Kami
WA&Telp : 085604457595
Line id : sigmaguitara
Instagram : tirandoguitarschool





Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Manfaat Les Gitar melalui Privat

Les Gitar Surabaya Yang Berkualitas

Harga / Biaya Les Gitar di Surabaya